Dibalik Top Level Domain .ID

Domain - seorang blogger pasti sudah mengenal TLD ( top level domain ) dan hampir seluruh pengguna blog sudah mengetahuinya, namun banyak sahabat blogger di dunia yang belum mengetahui berapa harga normal legal sebuah domain TLD.

Saat ini banyak sekali domain Tld dengan harga yang murah, namun sebaiknya anda jangan tertipu dengan domain murah ya karena domain murah ektensi Com, Net, Org seharga Rp. 30.000 hingga Rp. 60.000 itu adalah domain ilegal, yang artinya domain tersebut tidak dibeli secara jujur.

Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa penjual domain dengan harga murah tersebut melakukan tindak pidana online yang tidak kita ketahui secara pasti, sehingga domain tld yang mereka jual sangat murah.
Dibalik Top Level Domain .ID
Dibalik Top Level Domain .ID
Tapi kita jangan pernah berfikiran bahwa orang yang menjual domain TLD murah adalah penipu / ilegal, karena saat ini memang banyak domain TLD yang LEGAL dengan harga murah, tapi sekali lagi jangan tertipu dengan harga domain murah, sekalipun domain tersebut murah dan legal namun itu hanya berlaku selama 1 tahun saja ( perpanjangan menggunakan harga normal ).

Salah satu domain murah Legal adalah extensi domain.ID nah domain Id ini harga promonya hanya Rp. 10.000 bahkan ada yang gratis, namun saat perpanjangan akan dikenakan biaya Rp.550.000 rupiah.

Jika blog anda yang memiliki domain TLD id memang menghasilkan atau memang memiliki keuangan cukup hal ini bukan masalah, namun bagi yang baru belajar dan maunya murah + gratisan mungkin kedepannya domain id itu tidak diperpanjang lagi.

Pasti anda berfikir, mahal, dan ini domain akan digunakan 1 tahun saja, tahun depan tidak perlu diperpanjang kembali pakai blogger aja gratiss, hal tersebut sudah umum terjadi dan banyak diantara mereka yang tidak menyadari bahwa hal ini sangat berpengaruh untuk perjalanan blog mereka yang kedepannya akan mendapatkan penyesalan.

Contoh : Anda memiliki sebuah blog dengan Unik visitor 500/hari dan ada promo domain id murah atau bahkan gratis dengan syarat scan ktp saja, anda langsung mendaftar tanpa pikir panjang dan langsung mengkaitkan dengan blog, setelah itu visitor menurun dratis menjadi 0, 1 bulan kemudian merangkak naik atau sudah pulih, selanjutnya dengan bangga anda memperkenalkan domain id baru keseluruh media sosial, blog - blog sahabat, komen url dengan domain id baru, hingga akhirnya mendapat ribuan backlink dengan URL domain ID yang anda miliki.

Tidak terasa waktu sudah berjalan 10 bulan dan selama 10 bulan promosi  telah mendapatkan Visitor unik hingga mencapat 700 unik visitor atau lebih yang artinya 1000 - 1500 Pageview dashboard blog, lalu kemudian memasang iklan - iklan dibulan ke sebelas, iklan apa saja di pasang di blog, dan tibalah dibulan ke 12 yang sudah waktunya untuk memperpanjang domain ID.

Duh pusing duit darimana Rp.550.000 untuk perpanjang domain ini ?? sementara iklan yang di pasang belum menghasilkan apa - apa, ( menurut pengalaman bangsatriamandala minimal usia 2 tahun hingga 3 tahun baru bisa mendapatkan penghasilan itupun jika benar - benar diurus blognya ).

Saat itulah anda baru menyadarinya, dan akhirnya domain ID Expired atau masa berlakunya sudah habis, saat orang lain mengakses domain ID tersebut akan muncul pesan Error atau domain expired meminta untuk diperpanjang.

Akhirnya anda terpaksa melepas domain ID tersebut dan kembali ke Blogspot, yang artinya Unik visitor kembali menjadi 0 serta baclink yang susah payah menyebarkannya akhirnya menghilang dan tak berbekas.

Dengan keterpurukan yang sudah terjadi anda akan mencoba bangkit dan kembali berjuang dengan modal awal 0 lagi, berjuang lagi untuk mendapatkan unik visitor hingga lelah karena tidak menghasilkan apa - apa.

Nah untuk sahabat - sahabat bangsatriamandala sebaiknya bijak - bijaklah dalam membeli, menggunakan dan memilih domain, apakah itu domain ID atau domain Ilegal dan lain sebagainya, bangsatriamandala menyarankan kepada semuanya untuk tidak tergiur dengan yang namanya Murah dan Gratis, karena semua itu belum tentu baik untuk kita.

Domain Ektensi ID yang harga normal Rp.550.000 ini juga digunakan oleh sesepuh blogger sugeng.id namun beliau membeli domain ini dengan harga normal yakni Rp.550.000 dan selalu diperpanjang setiap tahunnya, karena penghasilan beliau lebih dari cukup untuk membeli domain ektensi ID bahkan untuk 10 domain sekalipun.

Jika Anda memang ingin menggunakan domain ID sebaiknya pikirkanlah matang - matang, jangan hanya karena gratis atau murah menjadi terburu - buru.
Belilah domain yang sesuai dengan keuangan, misalnya COM, NET, ORG yang sudah umum digunakan dan jika ingin Ektensi id gunakan saja Web.id semua harga - harga domain dapat dipastikan dibawah Rp.150.000 dengan rate Dolar Rp. 14.000

Jangan pernah membeli domain yang asal usulnya tidak diketahui, pengalaman bangsatriamandala membeli domain ASPAL ( asli tapi Palsu ) dalam jangka waktu 1 bulan sudah suspended, atau ada yang 1tahun, tetap saja tidak bisa diperpanjang karena tidak ada billing setting DNSnya.
Belilah domain normal dan jika ada yang menawarkan harga Rp.50.000 mintalah akun loginnya sekalian dan pastikan membeli dengan cara yang benar dan Legal untuk kemudian diperpanjang jika masa aktivnya habis ( hal ini biasanya terjadi karena penjual salah membeli domain atau butuh udang mendadak atau saat perpanjang tidak memiliki dana ).

Update : Saat ini domain ektensi ID sudah kembali ke harga normal yaitu Rp.550.000 dan untuk harga promo masih ada .Xyz - .Top - .Space - .Pw dll, dengan harga awal $0.88 dan pembayaran $1.08, untuk perpanjangan bervariasi antara $7 hingga $65

Semoga artikel yang bangsatriamandala buat khusus untuk sahabat - sahabat blogger dengan judul  Dibalik Top Level Domain .ID ini dapat bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya. amin.


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar